Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele

lumut pada bak ikan
Lumut pada bak pembenihan ikan lele
Superperikanan - Kolam  merupakan sarana yang sangat penting dalam hal melaksanakan usaha pembenihan ikan, tanpa ada bak artinya tidak ada yang namanya budidaya ikan, bak mampu dengan mudah dibuat, namun bukan berarti setelah dibuat mampu begitu saja mampu ditebarkan benih ikan.

Ada faktor-faktor yang akan kita temui dalam usaha pembenihan ikan lele, menyerupai lumut pada kolam, dan tentu saja hal itu sangat mengganggu, mau tidak mau harus dibersihkan jikalau tidak mau larva ikan lele mati, karena lumut-lumut tersebut akan membuat larva ikan tersangkut lantas bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini:


Bukan hanya saja dapat memperlihatkan duduk perkara pada bibit, namun, lumut ini juga sangat mengganggu pada ketika pemanenan benih ikan lele. Pada ketika menjaring anakan ikan lele yang bercampur dengan lumut kita akan mengalami kesulitan ketika hendak memisahkannya.


Kehadiran lumut mampu disebabkan oleh kandungan nutrient di air, akan tetapi kebanyakan disebabkan oleh terpaan sinar matahari yang sangat terik.

Oleh alasannya yaitu itu, kepada seluruh petani ikan lele diperlukan dapat mengontrol laju pertumbuhan lumut pada wadah pemeliharaan ikan lele.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu pertumbuhan lumut pada kolam, diantaranya adalah:

1. Ada pengendapan sisa pakan ikan yang berlebih di dasar kolam.
2.  Penggunaan pupuk sangkar yang berlebih.
3.  Intensitas matahari yang terlalu tinggi.hap
4.  Banyaknya materi organik di dalam kolam.

Cara  membasmi lumut pada bak ada beberapa tahapan, yakni:

1. Dengan menambah volume air dalam kolam, namun, tidak cukup itu saja, karena matahari masih menembus hingga ke dasar kolam.

2. Taburkan pupuk ke dalam bak dan biarkan selama 5-7 hari. Usahakan untuk menggunakan pupuk yang higienis, pupuk terbaik bukan berasal dari kotoran hewan.

3. Pasanglah paranet di atas kolam, pilih sesuai dengan kebutuhan, alasannya yaitu paranet mampu dilihat dari kerapatannya, menyerupai jenis paranet; Paranet 45%, 50%, 65%, 75%, 80%, dan 90%. Semakin rapat ukuran paranet maka akan semakin baik pula, karena akan menekan laju pertumbuhan lumut dengan melindungi bak dari pancaran mentari.

4. Gunakan plastik hitam atau biasa disebut plastik mulsa, hal ini bertujuan untuk meminimalisir cahaya yang masuk, namun suhu bak akan menurun dan mampu mensugesti laju pertumbuhan lele.

Walaupun demikian, Anda tidak usah kawatir lantaran plastik hitam masih mampu menyerap cahaya, hasilnya dapat terjaga kualitas air.

Kami kira cukup itu saja penjelasan "Cara membasmi lumut pada bak pembenihan ikan lele", semoga mampu berkhasiat bagi sahabat-sahabat perikanan semua. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.


Referensi: Artikel ini dikutip dari banyak sumber.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele"

Posting Komentar