Cara Paling Mudah Membedakan Ikan Nila dan Mujair


ikan nila lokal
Ikan nila

Superperikanan - Dengan seiring berkembangnya waktu, pengetahuan perihal ilmu sains terus berkembang pula, semakin hari kian banyak orang yang ingin mengetahui semua bidang ilmu, termasuk pengetahuan dalam dunia perikanan.

Baca juga: Rahasia Jitu Mancing Ikan Lele, Terbukti

Berbicara problem ikan, ada satu hal yang masih membuat banyak masyarakat Indonesia kebingungan, ialah perbedaan antara ikan nila dan ikan mujair. Sebenarnya apa sih yang membedakan kedua jenis ikan ini? Yuk simak penjelasan berikut ini:

Tak  jarang orang menganggap bahwa ikan mujair sama dengan ikan nila. Namun benar saja, Jika kita melihat sekilas, ikan nila dan mujair hampir sama dari segi morfologinya sebab mereka masih dalam satu genus, apabila kita tak cendekia membedakan, maka mampu jadi salah menebak.

Kendatipun demikian, jikalau Anda melihat dengan detail maka akan tau di mana perbedaan antara dua ikan tersebut, butuh ilmu sedikit untuk mampu membedakan antara keduanya.

Tidak sedikit orang bertanya kepada hebat perikanan mana yang disebut dengan ikan mujair dan yang dinamakan dengan ikan nila. Cara mengetahui perbedaan dua jenis ikan ini ternyata bukanlah perkara yang susah, apalagi terbiasa melihat kedua jenis ikan tersebut.

Akan tetapi, bagi Anda yang jarang bermain dengan ikan tentu akan sangat susah untuk membedakan kedua jenis ikan ini, nila dan mujair hampir tidak menyampaikan perbedaan yang signifikan.

[Baca juga: 5 Cara Mudah Membuat Umpan Ikan Nila]

Ikan nila dan ikan mujair merupakan jenis ikan yang berasal dari genus Oreochormis, di mana kedua ikan ini mempunyai postur tubuh tinggi dan panjang. Sedangkan kepalanya termasuk besar, memiliki ekspresi lebar dan juga bibirnya tebal, bersisik bernafsu serta besar.

Sirip punggung dan dubur memiliki beberapa jari-jari tajam yang sangat keras dan tajam, jikalau Anda tidak berhati-hati ketika menangkapnya mampu jadi tangannya akan terluka dan lumayan sakit.

Baca juga: Cara membuat kolam ikan koi

Perbedaannya antara dua jenis ikan ini yaitu terdapat pada garis-garis di sirip ekor juga punggung.

Pada ikan nila, sirip ekornya  terdapat garis hitam tegak lurus, sedangkan pada episode sirip punggungnya garis-garis hitam tersebut melintang lurus pada sirip.

Pada episode sirip ekor dan punggung mujair tanpa ada garis. Dari sisi postur juga dapat dilihat jikalau nila dan mujair berbeda. Ikan nila lebih gemuk, gempal dan padat berisi. Namun ukuran ikan nila lebih besar dan pertumbuhannya lebih cepat daripada ikan mujair.

lebih terang mampu dilihat di table:

Ikan Nila
Ikan Mujair
perbandingan panjang
total ‰dan tinggi tubuh 3:1
Perbandingan panjang total
dan tinggi tubuh 2:1
Terdapat teladan garis-garis vertikal yang
terlihat sangat terang pada sirip ekor (6 buah)
dan sirip punggung (8buah)
Tidak ada garis
Umumnya ukuran kepala kecil Kepala lebih besar

ikan nila jantan dan ikan nila betina
suryamina.com

Nah, itulah perbedaan ikan nila dan ikan mujair, mungkin artikel ini sudah menjawab rasa penasaran teman superperikanan. Semoga bermanfaat untuk Anda, oya silahkan bagikan juga untuk orang lain. Salam superperikanan.

Baca juga: 5 jenis ikan hias kecil yang cocok dipelihara dalam aquarium

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Paling Mudah Membedakan Ikan Nila dan Mujair"

Posting Komentar