Kenapa Ikan Bisa Berenang? Ternyata Ini Alasan Ilmiahnya, Simak Baik-Baik!!!

Oke kawan-kawan seluruh penjuru tanah air, apa kabar kalian semua? Tentunya sehat-sehat saja kan, wel... mungkin ada satu pertanyaan yang masih mengembara bebas di pikiran teman-temen “ Kenapa sih ikan itu mampu berenang-kenapa ayam gak bisa?” Kan gitu.

Oke baiklah, untuk mengobati rasa penasaran yang mendalam teman-teman terkait ikan mampu berenang, kami di sini hadir sebagai solusi buat teman-teman semuanya.

Superperikanan telah menyiapkan satu artikel khusus, mengapa ikan mampu berenang. Yuk pribadi ke TKP, semoda dengna ini teman-teman akan terobati rasa penasaran perihal ikan mampu berenang:

Prinsip Dasar Ikan

"alasan ikan mampu berenang"

Ikan yakni hewan yang memiliki sirip, sirip tersebut memungkinkan ikan  bergerak dalam air alasannya yakni memperoleh gaya dorong dari gerakan siripnya yang lebar.

Sirip tersebut menawarkan tekanan yang besar ke air ketika sirip itu digerakkan. Hal ini akan menimbulkan ikan memperoleh gaya dorong air sebagai reaksinya. Reaksi tersebut sesuai dengan hukum III Newton.

Baca lagi: Mengenal Ikan Lele Dumbo, Lengkap dengan Gambarnya

Pada ketika ikan berenang juga mengalami gaya apung/gaya ke atas pada ketika berenang. Hal ini sesuai dengan prinsip Archimedes, yakni  “sebuah benda yang karam seluruhnya atau sebagian dalam suatu fluida diangkat keatas oleh sebuah gaya yang sama dengan berat fluida yang dipindahkan.”

Pada ketika ada kecepatan relatif antara air dan ikan, badan ikan akan mengalami gaya gesekfluida yang melawan gerak relatif ikan dengan arah sesuai arah alir air relatif terhadap ikan. Gaya gesek yang dialami ikan yakni gaya gesek zat alir.

Penyesuaian tekanan gas menggunakan kelenjar gas sehingga menerima daya apung netral dan juga dapat naik dan turun pada banyak sekali kedalaman. Ketika akan menuju dasar, ikan memperkecil volumenya dengan sedikit menghirup O2.

Dan ketika akan menuju ke permukaan, ikan akan memperbesar volumenya dengan menghirup banyak O2. Itulah teman-teman alasan dan penjelasan singkat mengenai “ikan mampu berenang”, kami berharap dengan Anda bsia memperoleh ilmu tambahan, dan alangkah lebih baik jikalau ingin berbagi, silakan klik tombil like untuk berbagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenapa Ikan Bisa Berenang? Ternyata Ini Alasan Ilmiahnya, Simak Baik-Baik!!!"

Posting Komentar