Klasifikasi Ikan Kerapu Macan

budidayakerapu.wordpress.com
Ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) memilliki nilai ekonomis yang tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga penangkapan dan budidayanya mampu berkembang. Ikan ini mempunyai nilai komersial yang tinggi alasannya yaitu rasa dagingnya yang enak. Namun ketika ini untuk memenuhi ajakan pasar masih didominasi hasil tangkapan di alam (Anonim, 2001).

Sedangkan hasil budidaya masih terbatas dan hanya berasal pada daerah-daerah tertentu saja terutama yang bersahabat dengan sentra pemasaran, menyerupai Tanjung Pinang, Bali, Lampung, Sulawesi Selatan, Batam, Jawa Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara dan lain-lain (Langkosono, 2007). 

Menurut Wardana, 1994 dalam Sudirman (2008) ciri-ciri morfologi ikan kerapu yaitu sebagai berikut: bentuk tubuh pipih, yaitu lebar tubuh lebih kecil dari pada panjang dan tinggi tubuh, rahang atas dan bawah dilengkapi dengan gigi yang lancip dan kuat, lisan lebar, serong ke atas dengan bibir bawah yang sedikit menonjol melebihi bibir atas, sirip ekor berbentuk bundar, sirip punggung tunggal dan memanjang dimana bab yang berjari-jari keras kurang lebih sama dengan yang berjari-jari lunak, posisi sirip perut berada di bawah sirip dada, tubuh ditutupi sirip kecil yang bersisik stenoid.

Ikan kerapu genus Epinephelus tubuh ditutupi oleh bintik-bintik berwarna cokelat atau kuning, merah atau putih, tinggi tubuh pada sirip punggung pertama biasanya lebih tinggi dari pada sirip dubur, sirip ekor berbentuk bundar.

Ikan ini termasuk ikan pemakan aktif dan sensitif terhadap perubahan kualitas air yang fluktuatif, perlu cahaya tetapi tidak eksklusif dari matahari, berenang di dasar air dengan temperatur optimal 26°C, panjang rata-rata maksimal 90 cm. Tubuh kerapu macan dipenuhi sisik yang berukuran kecil yang berbentuk sikloid. Nama kerapu diberikan biasanya untuk empat genus Serranidae yaitu Epinephelus, Variola, Plectropampus dan Cromileptes.

Di Indonesia Epinephelus sendiri mempunyai 38 spesies. Sebagian besar famili Serranidae hidup di perairan dangkal dengan dasar pasir berkarang, walaupun beberapa jenis dapat ditemukan di perairan dalam (Burgess et al., 1990). Ikan kerapu macan mempunyai ukuran tubuh yang relatif lebih besar dan pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan jenis ikan lain (Endrawati et al., 2008). 

Berikut Taksonomi Ikan Kerapu Macan:
Ordo       : Perciformes 
Famili      : Serranidae 
Genus     : Epinephelus
Spesies   : Epinephelus fuscoguttatus


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Klasifikasi Ikan Kerapu Macan"

Posting Komentar