Labarin dan Fungsinya pada Ikan

Ikan labirin atau Anabantoidei merupakan ikan yang memiliki organ labirin di dalam tubuhnya sehingga ikan ini dapat mengambil oksigen pribadi dari udara di atas permukaan air.

"alat bantu pernafasan ikan"
Labirin pada organ badan ikan ini ialah sebuah alat pernapasan pemanis pada ikan berupa lipatan-lipatan epithelium pernapasan. alat pemanis ini merupakan turunan dari lembar insang pertama.

Labirin terletak pada suatu rongga di belakan atau di atas insang. Dengan adanya alat pemanis ini, ikan bisa hidup serta bertahan di perairan yang kurang oksigen, asalkan permukaan perairan terdapat udara bebas.

Hal ini terjadi lantaran pada habitat alamnya sewaktu-waktu bisa terjadi kondisi di mana kandungan oksigen dalam air berkurang atau memang tak tersedia dalam jumlah yang banyak sehingga ikan-ikan yang memiliki labirin bisa dengan lancar mengikuti keadaan dengan menyebarkan kondisi air dan lingkungan dan memiliki daya tahan yang baik.
 
Misalkan ikan guramih, ikan lele dan ikan gabus. Ikan yang hidup di daerah berlumbur memiliki labirin yang merupakan perluasan insang, berbentuk lipatan berongga yang tidak teratur. Labirin memiliki pembuluh darah kapiler yang bisa mengambil oksigen pribadi dari udara.  Udara ditampung di rongga labirin ketika akan muncul di permukaan air.

Kalau ikan labirin tidak punya kesempatan mengambil okesigen pribadi dari udara bebas alasannya ialah permukaan air tertutup sama sekali maka ikan akan mati

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Labarin dan Fungsinya pada Ikan"

Posting Komentar