Pengertian Chlorella

Chlorella

Chlorella  merupakan alga yang memiliki sel satu (uniseluler) akan tetapi terkadang dijumpai bergerombol. Kisaran selnya berdiameter antara  2-8 mikron dan berwama hijau. Warna tersebut dikarenakan klorofil pigmennya yang dominan. Dinding sel Chlorella keras terdiri atas pektin dan selulosa.


Selain memiliki protoplasma yang  menyerupai mirip cawan, Chlorella mampu melaksanakan pergerakan, akan tetapi sangat lamban. Chlorella berkembang biak secara vegetatif (ase*sual) dan generatif (se*sual). Perkembangan biakan secara vegetatif diawali dengan membentuk spora.

Setiap sel induk Chlorella akan mengeluarkan Zoospora yang dinamakan aplanospora sebanyak 8 buah. Selanjutnya aplanospora bermetamorfosis individu-individu yang baru, dan setiap aplanospora yang sudah remaja akan mengeluarkan 8 delapan aplanospora gres pula, dan juga seterusnya.


Chlorella terus berkembang selama kondisi lingkungan mendukung. Pengetahuan perihal perkembangbiakan chlorella secara generatif masih belum banyak diketahui. Morfologi Chlorella sp dapat dilihat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Chlorella"

Posting Komentar