10 Manfaat Ikan Gabus yang Jarang Diketahui

youtube.com

Ikan gabus (Channa Striata) merupakan jenis ikan yang hidup di perairan tawar, ikan ini sering ditemukan di tempat rawa-rawa, sungai, danau, dan juga di sawah. Pada animo banjir, ikan gabus ini banyak terdampar di parit-parit kecil di sekitar rumah. dan juga ikan ini sering memasuki sawah dan menjadi hama bagi petani karena ikan gabus ini memangsa ikan-ikan kecil yang lainnya dibudidayakan.

Namun, dibalik keganasannya, siapa tau ikan gabus memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan kandungan protein yang terdapat pada ikan ini sangat tinggi kalau dibandingkan dengan banyak daging ikan lainnya.

Ikan gabus tidak sedikit terdapat di perairan  Indonesia, mulai dari sabang hingga maroke, dominansi hidup jenis ikan ini lebih banyak di tempat sungai, rawa-rawa maupun danau. Jika kita melihat dengan sekilas, morfologi ikan gabus hampir  ibarat dengan ikan lele atau di luar negri ikan gabus dinamakan dengan snake head karena  memiliki kepala yang ibarat dengan ular.

Ikan gabus dapat bertahan hidup di darat dalam tempo yang cukup lama, sama dengan ikan lele, alasannya ialah ikan gabus diketahui mampu bernafas secara eksklusif dengan udara luar, karena ikan ini memiliki alat bantu pernafasan (alburenscene). Maka tidak heran kalau kita sering menemukan ikan ini hidup di dalam lumpur. Atau ikan gabus ini mampu juga berpindah tempat, terutama di malam hari yang dilakukannya dengan cara melompat-lompat di darat.

Berbicara dilema manfaat, ikan ini banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi dagingnya, selain memilliki rasa yang sangat renyah, ikan ini akan memberi manfaat yang tidak sedikit bagi yang mengonsumsinya.

Apa saja kandugan gizi yang ada dalam badan ikan gabus? berikut ini kandungan protein berdasarkan hasil penelitian dari 100 gram daging ikan gabus:
  • Protein: 25,2 g
  • Kalori: 69 g
  • Zat Besi: 0,9 mg
  • Lemak : 1,7 gram
  • Kalsium: 62 mg
  • Phospor: 76 mg
  • Vit. A: 150 mg
  • Vit. B : 0,04 mg
  • Air: 69 g

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Gabus:


1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daging ikan gabus mengandung albumin dalam kadar yang cukup tinggi. Albumin ialah salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada badan Anda, maka tidak diragukan lagi kalau ingin cepat sembuh konsumsilah ikan ini dalam jumlah yang banyak.

2. Pembentukan & pertumbuhan otot

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat dalam badan ikan lele ataupun pada ikan nila dan mas. akan tetepai masih setara dengan kandungan protein ikan bandeng. Anda dapat memmperoleh kandungan protein 
sebanyak 25,2 gram dari 100 gram ikan gabus.

Bila dibandingkan dengan kedar protein yang terdapat pada daging ikan, ikan gabus lebih unggul dalam hal ini, dari 100 gram, daging ayam hanya memiliki protein senanyak 18,2 gram, pada daging sapi juga 18,8 gram, dan telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi ini akan menguntungkan Anda, alasannya ialah akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot tubuh.


3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga berfungsi menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh. kalau badan Anda kekurangan kadar cairan, maka protein yang masuk dalam badan Anda akan pecah sehingga tak dapat berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam badan mencapai hingga 60%.


4. Menyembuhkan aneka macam penyakit

Makan ikan gabus dapat membantu proses penyembuhan aneka macam penyakit ibarat penyakit hepatitis, Infeksi paru, typhus, diabetes, stroke, dan lain-lain. 

5. Memperbaiki gizi buruk

Selain itu, ikan gabus dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada bayi, balita, anak maupun ibu hamil, Dalam 100 gr daging ikan gabus saja sudah cukup untuk memenuhi aneka macam kebutuhan gizi penting untuk kesehatan, terutama untuk bayi.

6. Sehat untuk pencernaan

Ikan gabus memilliki tekstur daging yang lebih lunak, Anda tidak perlu mengkhawatirkan dilema pencernaan karena ikan ini sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Karena ikan gabus mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terdapat pada daging hewan darat lain. Hanya 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

7. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi

Ikan gabus dapat mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi, dikarenakan ikan ini mengandung albumin yang tinggi, sehingga secara cepat dapat membantu proses pembentukan sel dan jaringan gres pada bab badan Anda yang telah rusak akhir proses operasi..

8. Membantu menyembuhkan anak pengidap autis

Ikan gabus juga meilliki kandungan senyawa kimia yang dapat berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap autis.

9. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh

Selain mampu untuk menyembuhkan luka, kandungan albumin yang cukup tinggi dalam ikan gabus akan membantu mengatasi pembengkakan di badan Anda.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Siapa yang tidak ingin daya tahan tubuhnya meningkat, tentu semua orang mendambakannya? bagi anda yang sering sakit-sakitan akhir turunnya daya tahan tubuh, mengkonsumsi ikan gabus secara rutin sangat dianjurkan, makan ikan ini akan membuat badan Anda tidak mudah terserang aneka macam penyakit akhir perubahan cuaca maupun karena faktor lain.

Nah inilah kebaikan yang mampu kita dapatkan dari ikan gabus, ikan ini akan sangat baik kalau diberikan untuk ibu hamil, anak-anak, hingga orang dewasa. Sangat sempurna untuk makanan semua umur, alasannya karena memiliki daging yang lembut. Banyak-banyaklah Konsumsi ikan gabus, dan rasakan manfaatnya, salam superperikanan.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 Manfaat Ikan Gabus yang Jarang Diketahui"

  1. Thanks gan informasinya, dan jangan lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com

    BalasHapus