Jenis-Jenis Ikan Arwana

arwana-ikan

Arwana ialah salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari di Indonesia maupun di luar negeri. Tingginya minat masyarakat untuk memilikinya membuat ikan ini semakin terkenal.

Ikan ini dinamakan dengan Arwana, namun ada juga sebagian yang menamakan arwana, ikan ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Brasil dan termasuk dalam genus Osteoglossum.


Di Indonesia terdapat beberapa jenis ikan yang masih satu kerabat dan sangat ibarat dengan arwana dari Brazil. Di daerah asalnya, ikan tersebut dikenal sebagai induk siluk, peyang, koleso, tengkuso, atau tangkalesa.

Diperdagangan internasional, arwana Indonesia disebut Asiatic Arwana1. Keunikan dari segi morfologi kepala, memiliki sisik yang indah, dan juga warna yang sangat exotis. sehingga menimbulkan harga jual ikan ini tinggi dan banyak yang minat, terutama para kolektor ikan hias.

Beberapa tahun silam, jenis ikan hias arwana masuk dalam kategori hewan yang hampir punah, sebab tingginya angka penangkapan liar yang  memperjualbelikan ikan arwana untuk ikan hias di akuarium.

Untuk menerima ikan arwana, ketika ini tidak lagi harus dicari ke rawa-rawa atau di habitat aslinya, dikakarenakan ketika ini sudah banyak orang yang membiakkan ikan ini.

Budidaya ikan arwana ini termasuk acara untuk memulihkan lagi status arwana yang disebut-sebut sudah berada diujung kepunahan. 

Mencari jenis ikan hias arwana ketika ini sudah tergolong mudah, Anda mampu dengan mudah menemukan para penjual ikan keliling di kota-kota atau di tempat pemeliharaan ikan hias.

Jenis ikan hias air tawar satu ini termasuk primadona pagi peminat ikan hias, akan tetapi ikan arwana memiliki harga yang lumayan tinggi, jadi bagi yang memiliki isi kantong pas-pasan tidak cocok untuk memiliki ikan ini.

Berikut ini jenis-jenis ikan arwana:

Arwana Super Red yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat, mampu kita dapatkan di sekitar kawasan ibarat di danau Sentarum dan  dari Sungai Kapuas yang terkenal sebagai habitat dari ikan arwana Super Red ini. Perairan ini ialah wilayah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif bagi ikan purba itu.

ikan arwana tercantik
arwana Super Red
Ikan  arwana Super Red ini memiliki warna mayoritas merah, biasanya warna ini akan terlihat pada sirip ikan muda, di bibir dan juga sungut.


Warna merah juga akan terdapat di aneka macam episode tubuh lainnya ketika ikan ini mulai beranjak dewasa, warna merah akan terlihat lebih mencolok terutama pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan tampak terlihat berwarna merah cantik.

Arwana Super Red dikelompokkan menjadi empat jenis:

1. Golden Red
2. Chili Red
3. Blood Red
4. Orange Red

Arwana Cross Back Golden kerap dijumpai di banyak wilayah di Malaysia, seperti, Trengganu, perak, danau Bukit Merah dan Johor. Ikan Arwana tersebut diberi nama sesuai dengan kawasan aslinya, ibarat Bukit Merah Blue, Golden Pahang atau sering juga disebut Malaysian Gold.

arwana-crosback
Cross Back Golden. arwana-arwana.blogspot.co.id
Cross Back Golden ialah ciri bagi ikan Arwana jenis ini, yaitu ketika beranjak remaja memiliki warna emas penuh di sekujur badannya hingga melewati punggungnya. Ikan jenis ini jarang dijumpai sebab jumlahnya hanya sedikit dan belum terlalu banyak dibudidayakan.

Arwana Cross back golden dibagi menjadi 4 jenis:

1.  Gold Based
2. Purple-Based
3. Silver-Based
4. Blue-Based

Arwana Jardini biasanya ditemukan di wilayah irian atau papua, ikan ini memiliki warna agak kecoklatan di tengah-tengah sisiknya berwarna kuning keemasan. Ikan ini juga banyak terdapat di Australia.

ikan arwana jardini
Arwana Jardini
Green Arwana/Golden Pino, jenis Arwana yang satu ini banyak ditemui di wilayah Asia ibarat di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan Indonesia.

ikan arwana hijau
Green Arwana. dody94.wordpress.com
Green Arwana ini memiliki warna yang tak kalah menarik juga, warna kelabu kehijauan dengan teladan garis-garis berwarna gelap terdapat pada ekornya.

Red Tail Golden merupakan jenis arwana yang sering dijumpai di kawasan Pekan Baru, Sumatra. Warna emas pada varietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung, namun hanya akan hingga baris ke-empat sisiknya.
ikan arwana merah
Red Tail Golden. aroclubindonesia.com
Red Tail Golden juga diberi nama arwana Asia yang banyak menghuni sungai berair keruh, jenis ikan ini hidup di air mengalir melalui rawa-rawa hutan dan lahan berair yang bergerak lambat.

Ikan ini biasanya memakan serangga ketika masih muda, adapun yang sudah mencapai umur remaja ikan ini akan memakan ikan-ikan kecil lainnya.

Jenis ini berstatus spesies yang terancam punah.

Arwana Banjar Merah  atau yang disebut sebagai varietas arwana merah kelas 2, Cirinya memiliki sirip berwarna oranye, berekor oranye atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di tubuh dan juga di episode kepalanya.

Arwana Banjar Merah memiliki bentuk kepala yang agak membulat dengan verbal yang tidak terlalu lancip.

ikan arwana
fishland24.en.ec21.com. Arwana Banjar Red
Itulah beberapa spesies ikan arwana yang ada ketika ini. Akan tetapi masih ada dua jenis ikan arwana yang lainnya yang terdapat di Indonesia ketika ini, namun tidak cocok untuk dipelihara di dalam akuarium, dikarenakan ukurannya yang sangat besar, ibarat arwana Black dan Silver, ukurannya mampu mencapai 60-90 cm.

Ada juga yang lebih besar lagi, ibarat arwana Araipama Gigas, ukurannya mampu mencapai 3 meter. bagi Anda yang berminat untuk berjualan ikan ini, bisnis pasar masih sangat terbuka lebar, untungnya juga lumayan gedek, namun modal yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit.

Seperti kata pepatah "Jika mau untung besar maka modalnya juga harus berbanding lurus dengan keuntungannya."

Setelah membaca artikel ini, Bagaimana kira-kira, apakah sahabat tertarik untuk mencobanya? Semuanya kenbali kepada sahabat superperikanan masing-masing, supaya gosip ini menarik bagi Anda yang membacanya. Salam superperikanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Ikan Arwana"

Posting Komentar