5 Cara Mudah Membuat Umpan Ikan Nila

sumber foto@id.wikipedia.org

Dalam proses budidaya pakan merupakan salah satu faktor terpenting yang akan menunjukkan dampak terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan yang dibudidayakan yakni pakan.

Pakan pada proses budidaya membutuhkan sekitr 60-70dari biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh pembudidayanya (sahwan 2004). Agar pakan tersebut mampu bekerja maksimal dan menghasilkan bobot ikan yang berkualitas perlu suatu asupan yang tercampur dalam pakan.

Nah, berbeda halnya dengan umpan, umpan ini kita gunakan untuk menerima ikan, bukan untuk mencukupi kebutuhan asupan energi untuk kebutuhan badan ikan, apalagi dalam meningkatnkan pertumbuhannya.

[Baca juga: 9 Rahasia Sukses Budidaya Lele di Kolam Terpal]

Ini merupakan salah satu artikel ihwal cara mudah membuat umpan ikan nila (Oreochromis niloticus) yang mampu Anda praktekkan di rumah sendiri atau di daerah lain. Ikan nila yakni salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar, dari sektor makanan ikan ini lebih menyukai pakan berbau busuk yang terbuat dari ikan-ikanan. Di bawah ini saya akan menunjukkan trik membuat umpan ikan nila yang sudah terbukti ampuh:

Racikan Umpan Ikan Nila


 Berikut ini bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat umpan ikan nila.

Umpan ikan nila 1

½  kg tepung tapioka
5 sachet vanili
¼  kg tepung roti
1 kg udang rebon yang sudah dicuci dan jemur hingga kering
¼  kg tepung roti
5 butir telur bebek
¼  kg tepung roti 

Caranya membuatnya:

Aduk-aduk secara merata tepung tapioka dan tepung roti, kemudian masukan telur belibis dan vanili aduk lagi hingga benar-benar merata. Blender udang rebon yang sudah kering hingga halus, kemudian campurkan dengan adonan tadi, jangan lupa aduk lagi hingga merata dan terakhir campurkan ikan kembung yang sudah dikukus terlebih dahulu, selanjutnya aduk hingga rata, kemudian kukuslah hingga matang.

Umpan Ikan nila 2

Lumut sawah, Anda mampu memanfaatkan lumut sawah sebagai umpan, sebab ikan nila sangat menyukai lumut. Campurkan esen pandan pada lumut, tujuannya semoga menambah baunya lebih wangi dan menarik perhatian ikan sehingga ikan akan dengan mudah terpengaruhi untuk memakannya..

Umpan Ikan Nila 3

Cacing termasuk salah satu hewan tanah yang paling disukai oleh ikan nila, banyak pemancing yang memanfaatkan cacing untuk memancing ikan nila, nah berarti Anda juga dapat menggunakan cacing sebagai umpan ikan nila. 

Mencari cacing bukanlah suatu perkara yang sulit, Anda hanya butuh sedikit tenaga untuk berangkat  ke sawah mencari cacing, kenapa harus ke sawah? Karena ikan nila lebih menyukai cacing sawah daripada cacing tanah biasa.

Jika cacingnya sudah teman dapatkan, kemudian pasangkan cacing tersebut pada mata kail pancingnya. Umpan siap digunakan, oya jangan lupa cacingnya jangan dipotong terlalu pendek agak lebih terang terlihat oleh ikan nila.

Umpan Ikan Nila 4

1/2 gelas pelet PF-1000
1/2 gelas pelet 781-2 SP
Air secukupnya.
2 sendok teh madu
1 butir kuning telur
Campur semua materi diatas hingga rata, usahakan jangan terlalu encer. Kemudian bentuklah bulatan sesuai ukuran lisan ikan sasaran anda.

Umpan Ikan Nila 5

Ini cara yang terakhir, trik ini tidak jauh beda dengan yang nomor empat, Anda hanya harus menambahkan roti pada racikan umpan.
Bahan-bahan yang diperlukan:

Roti rasa keju 2 bungkus
1/2 gelas pelet 781-2 SP
1/2 gelas pelet PF-1000
2 sendok teh madu
1 butir kuning telur
Air secukupnya.


Cara kerjanya: Hancurkan terlebih dahulu rotinya hingga benar-benar halus. Selanjutnya campurkan semua materi yang lain serta aduk hingga rata. Dan umpannya siap digunakan. Nah itulah cara membuat umpan ikan nila yang telah teruji dan sangat efektif.

Baca juga: Apa yang Membedakan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Ikan? Simak Penjelasannya

Nah bagaimana kira-kira cara membuat umpan ikan nila, mudah bukan? bagi Anda yang suka mancing ikan, baik sekedar hobi maupun daerah mencari rezeki, trik ini sempurna untuk dipraktekkan, dan lihat bagaimana hasil yang anda peroleh. Jangan lupa juga memohon kepada yang kuasa semoga rezekinya banyak. 

Ini doa semoga diberi akomodasi rezki 

 اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

AL-HAMDU LILLAAHIL LADZII ROZAQONII HAADZA MIN GHAIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN, ALLOOHUMMA BAARIK FIIHI

Artinya :

Segala puji bagi ALLah, yang telah memberi rezqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya ALLah semoga Engkau berkahi pada rizkiku.

Oya jikalau tips ini bermanfaat buat Anda, jangan lupa bagikan juga untuk orang lain, bukaknkah menyebarkan itu indah? Sekian dulu untuk tutorial membuat umpan pancing ikan nila. Salam superperikanan. Jangan lupa pantau terus superperikanan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mudah Membuat Umpan Ikan Nila"

Posting Komentar