7 Alasan Penting Kenapa Ikan Naik ke Permukaan Air

Oke gan apa kabar kalian semua, apa sudah makan dan minum? Kali ini kalian berkunjung lagi ke blog kesayangan kalian, tentunya dengan satu tujuan, yakni; mencari gosip terkait kenapa ikan naik ke permukaan atau istilah lain megap-megap.

Sebelumnya kita pahamai dulu sedikit teorinya, ikan yaitu hewan yang hidup di air, ikan dapat bernafas dalam air lantaran mereka memiliki insang.

Untuk lingkungan hidup, ikan mampu ditemukan di air tawar (danau serta sungai) maupun air asin (laut dan samudra). ikan juga merupakan hewan berdarah masbodoh (poikiloterm), artinya suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengan suhu air ditempat beliau hidup.


Ikan merupakan kelompok vertebrata yang aneka macam jenisnya, dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 spesies di seluruh planet ini.

Mengenai morfologi, struktur badan ikan sebagian besar dibentuk oleh rangkanya, ada yang disebut tulang rawan sebagai penyusun tubuhnya, dan juga ada tulang sejati, untuk menggerakkan badan di dalam air, ikan sudah dilengkapi dengan beberapa sirip.
"ikan naik ke permukaan"

Oke, kami kira teman-teman tidak ingin mengetahui jauh lebih detil perihal ikan, namun rekan-rekan di sini hanya ingin mencari tahu kenapa ikan naik ke permukaan air, ya? Yuk simak dengan baik-baik: 

  1. Kondisi DO rendah, terutama pada  saat malam menjelang subuh  perairan kehilangan oxigen, sehingga ikan harus mengambilnya sendiri eksklusif dari udara.
  2. Penumpukan materi organik di dasar bak sehingga terjadi zona anaerob yang luas di zona dasar bak dan terjadi akumulasi gas beracun (NH3, NO2, H2S)
  3. Perubahan pH / fluktuasi pH yg tinggi sehingga menimbulkan stress pd ikan
  4. Kondisi perairan tercemar sehingga mengurangi kadar oxigen dalam air sehingga kondisi ini membuat ikan megap-megap.
  5. suhu air terlalu panas sampai menimbulkan oxigen terlarut jadi berkurang dalam air, pada kondisi ini ikan juga mencari oxigen dari udara langsung.
  6. Terlalu padat eksistensi ikan dalam suatu perairan
  7. Serangan bisul katup pada ingsang pada ikan itu sendiri


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Alasan Penting Kenapa Ikan Naik ke Permukaan Air"

Posting Komentar