Apa yang Dimaksud dengan Ikan?

Ikan merupakan anggota vertebrata poikilotermik "berdarah dingin" yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan ialah kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.
pengertian ikan
Credit: faunadanflora.com

Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang kekerabatan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan terbagi menjadi ikan yang tidak  memiliki rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam aneka macam bahasa tempat disebut iwak (jv, bjn), jukut (vkt).

Baca juga: Ikan Mujair Makan Apa Sih? Ini Penjelasannya

Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) sampai stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai ikan, menyerupai ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang bekerjsama tidak tergolong sebagai ikan.

Baca juga: Ini Dia, Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar

Sampai ketika ini, ikan pada umumnya dikonsumsi langsung. Upaya pengolahan belum banyak dilakukan kecuali ikan asin. Ikan dapat diolah menjadi aneka macam produk menyerupai ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, bakso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa yang Dimaksud dengan Ikan?"

Posting Komentar