Ikan Mujair Makan Apa Sih? Ini Penjelasannya

Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar untuk kosumsi,habitat Ikan mujair berasal dari Sungai Nil dan danau-danau di sekitarnya.
"kebiasaan makan ikan mujair"
Foto: umpanmancingikan.blogspot.com

Sampai ketika ini ikan Mujair telah tersebar ke negara-negara di lima benua yang beriklim tropis dan subtropis, di iklim yang hirau taacuh ikan mujair tidak dapat hidup dengan baik, ikan mujair digemari alasannya ialah rasa dagingnya yang enak dan lembut, harganya juga tergolong murah sehingga mampu dijangkau oleh semua kalangan, dan yang pasti mengandung banyak protein.

Ciri morfologis

Jika ditinjau dari bentuk fisik ikan mujair berbadan compres atau pipih, ukuran sisiknya kecil-kecil bertipe sisik sisir (ctnoid), warna tubuh abu-abu,cokelat dan warnanya itu ikut ibarat keadaan lingkungan.

Baca juga: Asal-Usul Ikan Nila

Misalnya ikan mujair yang hidup di bak akan lebih memiliki warna yang cerah  dibandingakan degan ikan mujair yang menghuni raya atau selokan.Bentuk lisan agak besar dan mempunyai gigi-gigi yang halus, letak mulutnya di ujung moncong atau dengan istilah dalam dunia perikanan (terminal).

Ciri khas ikan mujair adanya warna kekuning-kuningan pada dagu bab bawahnya, sementara pada ikan nila warnanya terang.

Ikan mujair makan apa sih?

Jika kita meninjau dari segi makanan, memang ikan mujair termasuk ke dalam golongan ikan pemakan segalanya (omnivora), pada umumnya di alam, ikan mujair memakan tumbuh-tumbuhan air, chlorophycceae, diatomae, dinophyceae, chyanopyeae serta crustacea renik.

Baca juga: Rahasia Jitu Memancing Ikan Mujair, Ssst... Jangan Sampai Orang Lain Tahu

Namun demikian, ikan mujair yang masih muda cendrung memakan fitoplankton dan zooplankton, anak ikan mujair memiliki laju pertumbuhan yang lumayan cepat, akan tetapi hal ini menurun pada ketika ikan sudah dewasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Mujair Makan Apa Sih? Ini Penjelasannya"

Posting Komentar