Asal-Usul Ikan Nila

"budidaya ikan nila"
Pusatmakalah
Superperikanan- Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar untuk kosumsi, ikan ini memiliki bentuk badan yang memanjang dan pipih ke samping berwarna putih kehitaman, habitat Ikan nila berasal dari Sungai Nil dan danau-danau di sekitarnya.

Sampai ketika ini ikan nila telah tersebar ke negara-negara di lima benua yang beriklim tropis dan subtropis, di iklim yang cuek ikan nila tidak dapat hidup dengan baik, ikan nila merupakan ikan yang banyak digemari sebab rasa dagingnya yang enak dan lembut, harganya juga tergolong murah sehingga mampu dijangkau oleh semua kalangan, dan yang pasti mengandung banyak protein.

Setelah dilakukan penelitian dan pembiasaan pada tahun 1969, barulah ikan nila ini disebarluaskan oleh pemerintah melalui Direktorat Jendral . Oreochamis Niloticus yaitu jenis ikan nila yang pertama kali masuk ke Indonesia dan jenis mossambique atau lebih dikenal dengan mujair.

Ikan nila melaksanakan migrasi secara alami dari habitat aslinya di Sungai Nil di Uganda (bagian hulu Sungai Nil) ke arah selatan melewati Danau Raft dan Tanganyika sampai ke kawasan Mesir (sepanjang Sungai Nil). Ikan nila juga terdapat di Afrika tengah dan adegan barat.


Populasi terbanyak ditemukan di kolam-kolam ikan di Chad dan Nigeria. Dengan adanya campur tangan insan ikan nila telah tersebarluas ke banyak sekali kawasan hinggga ketika ini, mulai dari Benua Afrika, Eropa, Australia, Amerika, dan Asia.

Nila awalnya dimasukkan ke dalam jenis Tilapia Nilotica atau ikan dari golongan Tilapia yang tidak mengerami telur dan larva dalam lisan induknya, seiring perkembangan waktu, para mahir perikanan memasukkannya ke dalam jenis Sorotherodon niloticus atau kelompok ikan Tilapia yang mengerami telur dan larvanya di dalam lisan induk betina dan jantan.

Pada akhirnya, diketahui bahwa hanya betina saja yang mengerami telur di dalam mulutnya. Kemudian para pakar perikanan memutuskan nama ilmiah yang cocok untuk ikan ini yaitu Oreochromis Niloticus atau Oreochromis Sp.

Berikut ini pembagian terstruktur mengenai lengkap ikan nila:

Filum        : Chordata
Subfilum   : Vertebrata
Kelas        : Pisces
Subkelas  : Acanthopterigii
Ordo         : Perciformes
Familia      : Cichlidae
Genus       : Oreochromis
Spesies     : Oreochromis niloticus

Para pembaca setia, itulah penjelasan wacana asal-muasal ikan nila yang dapat superperikanan persembahkan, jikalau ada kritik dan saran yang bersifat faktual silahkan teman berikan di kolom komentar.

Mohon maaf untuk yang nyepam, kami tidak akan mempublikasikannya. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Asal-Usul Ikan Nila"

  1. Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2LQOByC

    BalasHapus