Pola Pertumbuhan Ikan Nila

memanginfo

Ikan nila merupakan hewan pemakan segala (omnivora) sehingga mampu mengonsumsi makanan berupa tumbuhan dan hewan sekalipun. Oleh Karena itu, ikan ini mudah untuk di budidayakan. Ketika masih benih pakan yang disukainya ialah zooplankton (plankton hewani), menyerupai Moina sp dan Rotifera sp atau Daphnia sp. 

Selain itu benih ikan nila juga suka memakan lumut atau alga yang menempel di bebatuan yang tersedia di habitat hidupnya. Saat dibudidayakan, ikan nila juga memakan tanaman air yang tumbuh di sekitar wadah atau bak budidaya. Jika sudah hingga ukuran dewasa, pakan suplemen menyerupai pelet boleh diberikan. Faktor fisika kimia sangat besar lengan berkuasa dalam Laju pertumbuhan badan Nila yang dibudidayakan.

Curah hujan yang sangat tinggi akan mengganggu pertumbuhan tanaman air dan secara tidak pribadi akan memengaruhi pertumbuhan Nila yang dibudidayakan. Menurut hasil penelitian, diketahui laju pertumbuhan nila lebih cepat jikalau dipelihara di bak dengan air yang dangkal dibandingkan bak yang volume airnya lebih banyak menjadikan laju pertumbuhan tumbuhan air lebih cepat di bak yang volume airnya lebih sedikit.

Laju pertumbuhan nila di bak yang diberikan pupuk organik menyerupai kotoran ayam lebih cepat dibandingkan dengan nila yang dibudidaya di bak yang dipupuk dengan pupuk buatan (anorganik).

[Baca juga: Asal-usul Ikan Nila]

Pertumbuhan nila jantan 40% lebih cepat dibandingkan dengan laju pertumbuhan ikan Nila betina. Apalagi jikalau dibudidaya secara terpisah (monosex), dengan kelamin tunggal. namun, jikalau bobot badan ikan sudah mencapai ukuran 200 gram, pertumbuhan nila akan menjadi lebih lambat. Tapi hal ini hanya terjadi pada nila betina, sedangkan jantan tetap tumbuh sperti biasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pola Pertumbuhan Ikan Nila"

Posting Komentar