Cara Melakukan Pemijahan Ikan Black Ghost

ikan black ghost

sekilas wacana ikan blak ghost
Ikan black ghost (Apterontus albifrons), yaitu ikan yang berasal dari sungai Amazone dan Surinam. Ikan ini dikenal sebagai "Setan Hitam," nama itu diberikan sebab fisiknya berwarna hitam kusam (warna putih hanya ada pada pangkal ekornya), ikan ini memiliki kebiasaan bersembunyi di kawasan yang gelap pada siang hari, dan gres melaksanakan kegiatan di ketika malam hari tiba.

Ikan black ghost dikenal pula dengan sebutan "Si Penari Balet," alasannya sebab gerakannya yang mundur-mundur maju dan jungkir. Tidak hanya itu saja, ikan ini ada juga yang menyebutnya "Si Bulu Ayam", sebab ketika bergerak membentuk sudut 90 derajat, tubuhnya menyerupai bulu ayam tegak yang berwarna hitam.

Ciri-Ciri Fisik
Ikan black ghost memiliki panjang tubuhnya mencapai 47 cm, bermata kecil, tapi bersinar serta bersirip perut panjang yang elastis, ketika bergerak ikan ini menyerupai orang berjubah, menyerupai mirip hantu. Namun pada kenyataannya ikan ini bukanlah tipe ikan yang ganas. Oleh karena itu, ikan ini cocok untuk penghias akuarium, sebab tidak pernah usil terhadap ikan lain.

Sebaiknya ikan Black Ghost jangan dicampur dalam satu akuarium dengan ikan yang bersifat pemangsa terhadap ikan lain. Ekornya yang selalu bergerak seringkali dianggap cacing oleh ikan yang lain. Maka sering terjadi ekornya buntung dimangsa oleh ikan predator. Akan tetapi ekor yang hilang itu akan tumbuh kembali. Black Ghost cocok dicampur dengan ikan Russianensis atau ikan koki Black Moor.

Senang Gelap
Selain diberi aerator, sebaiknya wadah atau akuarium juga perlu dipasangi aksesories untuk pemeliharaan ikan Black Ghost. Tujuan memasang aksesories selain untuk memperindah tampilan akuarium, juga sebagai kawasan persembunyian ikan ini pada ketika siang hari. Sebaiknya, hindarilah pemilihan aksesories yang memiliki warna mencolok. 

Carilah batu-batuan yang berwarna hitam atau mampu juga memakai kayu. Ikan ini  tidak menyukai warna cerah, sebab ikan black ghost tidak memiliki penglihatan yang berpengaruh untuk menahan sinar maupun warna-warna yang cerah, menyerupai warna oranye dan merah.

Ikan ini lebih banyak aktif pada malam hari (nocturnal), mulai mencari makan sampai bereproduksi, hidup bersembunyi di sela-sela batu, tanaman air dan akar pohon. Di alam bebas, panjann ikan Black Ghost mampu mencapai 48 cm, sedangkan kalau  di budidaya di kolam rata-rata ukuran panjangnya hanya mencapai 26 cm.

(Baca juga: Macam-macam Jenis Ikan Arwana)

Cara memelihara ikan black ghost ini cukup mudah, dalam sehari ikan black ghost cukup diberi pakan 2 kali saja, yaitu pagi dan sore hari. Pakan ikan black ghost mampu berupa cacing merah (blood worm)  dan juga cacing sutra (tubifex). Hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan Black Ghost yaitu pengontrolan kualitas air. 

Jika air yang digunakan tidak sesuai dengan contoh hidupnya, Maka mampu dipastikan pertumbuhannya tidak akan maksimal. Air akuarium sebaiknya diganti setiap 3 hari sekali dengan menggunakan air sumur yang sudah diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam dengan aerator, usahakan jangan menggunakan air yang mengandung kaporit.

Menurut Loka Riset Budidaya ikan Hias Air Tawar, Pusat Riset Budidaya , Badan Riset Kelautan dan , suhu air yang cocok untuk ikan black ghost adalah 26-27°C, dan pH 6-7. Namun untuk mengetahui kualitas air, perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menggunakan pH meter.

Salah satu cara tradisioanal untuk mengetahuinya kualitas air cocok dengan ikan ini yaitu dengan melihat reaksi ikan terhadap air yang digunakan. Caranya, masukan beberapa ekor black ghost ke dalam akuarium, bila ikannnya pribadi membisu di dasar akuarium dan bersembunyi, berarti air itu cocok.Namun bila black ghost  naik ke atas permukaan air, megap-megap dan lemas, berarti air tersebut tidak cocok dan segera diangkat ikannya sebelum stres dan pada kesannya mati

Perbedaan Jantan dan Betina
  
Ikan betina. foto: @unair.ac.id
Ikan jantan. foto:@alaminiindah.blogspot.com

Sama halnya dengan ikan lain, betina dan jantan mampu dibedakan dari tanda-tanda fisiknya atau postur tubuh. ikan jantan memiliki ukuran badan lebih besar, panjang, ramping dari betina, dan lurus. Ikan jantan juga memiliki gerakan lebih agresif.

Sedangkan betina bertubuh lebih mungil, gemuk, pendek dan tidak lurus. Gerakan betina tidaklah selincah jantan. Ikan black ghost mampu dipijahkan pada usia satu tahun, dengan panjang badan 20-30 cm.

Pemeliharaan Induk
Induk ikan black ghost biasanya dipelihara dalam wadah, mampu berupa akuarium dan juga sejenisnya. Caranya, siapkan dua buah akuarium lebar 60 cm, panjang 80 dan tinggi 40 cm, satu untuk betina dan juga satu untuk jantan, selanjutnya keringkan aquarium selama 2 hari, isikan air bersih setinggi 30 cm, jangan lupa untuk pasangkan dua buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan harus dihidupkan selama pemeliharaan induk.

Langkah selanjutnya, masukan 10 ekor induk, berikan pakan tambahannya juga berupa cacing darah (blood worm), cacing sutra (tubifex), dan jentik nyamuk secukupnya, lakukan penyiphonan air setiap 3 hari sekali atau kalau keadaan air sudah keruh, tujuannya yaitu untuk menghindari timbulnya penyakit.

Pemijahan
Black ghost mampu dipijahkan secara berpasangan. Pemijahan itu dilakukan di akuarium. Caranya, siapkan sebuah akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm; keringkan selama 2 hari, isi air bersih setinggi 30 cm, pasang 4 buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama pemijahan.

Baca juga: Apa Itu Ikan Nocturnal dan Ikan Diurnal?

Masukan 6 buah kepingan paralon 3 inci sepanjang 30 cm, masukkan 3 ekor induk jantan, masukan pula 4 ekor induk betina, beri pakan tambahan berupa cacing darah (blood worm) dan jentik nyamuk secukupnya, pada sore hari.

Letakan 3 buah lempengan pakis panjang 20 cm dan lebar 10 cm (tempat bertelur) di atas dua paralon (seperti paranggong), letakan 10-15 buah kerikil kerikil sebagai pelindung telur dan pemberat. Pemijahan biasanya terjadi mulai sore sampai malam hari. Telur akan menempel pada lempengan pakis. Telur yang baik berwarna kuning cerah diliputi lendir. Sedangkan telur yang kurang baik berwarna putih susu.

Pemijahan Secara Massal

Black ghost juga mampu dipijahkan secara massal. Pemijahan dilakukan di dalam kolam fibreglass atau kolam yang terbuat dari semen. Caranya, siapkan kolam fibreglass ukuran panjang 2,5 m, lebar 1,5 m dan tinggi 0,5 m, keringkan terlebih dahulu selama 3 hari, masukkan air setinggi 30 cm.

Pasang 6-8 titik aerasi, masukan 20 kepingan paralon 3 inchi sepanjang 30 cm, masukan 8 ekor jantan, masukan juga 16 ekor betina, berikan makanan berupa nyamuk atau cacing merah, letakan 10 buah lempengan pakis di atas dua paralon, letakan juga puluhan krikil sebagai pelindung telur dan pemberat pipa.

Penetasan dan Pemeliharaan Larva

Telur ikan black ghost  harus ditetaskan di akuarium lain. Langkahnya, siapkan satu buah akuarium panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm, keringkan 2 hari aquariumnya, masukkan air bersih setinggi 30 cm.

Pasang 4 buah titik aerasi di setiap akuarium dan juga hidupkan aerator-nya selama waktu penetasan, ambil pakis yang telah berisi telur pada pagi hari dan taruh ke dalam akuarium penetasan, biarkan telur menetas selama 3-4 hari, larva tersebut akan bersembunyi di sela-sela pakis. Perubahan warna akan terjadi dari putih menjadi hitam.

Larva ikan diberikan pakan berupa artemia selama dua ahad kalau sudah memasuki umur 3 hari. Dua ahad berikutnya diberi pakan berupa jentik nyamuk atau cacing yang dicincang halus. Penetasan telur dan pemeliharaan berlangsung selama sebulan.

Pembesaran
Pembesaran ikan ini dilakukan di akuarium. Caranya, siapkan sebuah akuarium berukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm, lakukan pengeringan juga selama dua hari, isikan air bersih setinggi 30 cm, pasang 4 buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama waktu pembesaran, masukan 20 kepingan pipa paralon sesuai ukuran badan benih sebagai kawasan perlindungannya, masukan 200-260 ekor benih yang berukuran 1,5 inchi, berikan makanan berupa cacing darah atau cacing sutra dan mampu juga jentik nyamuk.

Lakukan penyiponan (penyedotan dasar aquarium) air setiap tiga hari sekali atau bila air sudah kotor. Masa pembesaran berlangsung selama 7-8 bulan. Pada ketika itu ikan black ghost  sudah berukuran 3-4 inchi dan siap untuk diedarkan kepada pecinta ikan hias.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara melaksanakan pemijahan ikan black ghost. Nah sekarang tunngu apa lagi, ayo kita budidaya ikan hias dan kumpulkan pundi-pundi rupiahnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Pemijahan Ikan Black Ghost"

Posting Komentar